Senin, 18 Oktober 2010

tugas Praktikum TI 3 - Membuat website menggunakan microsoft publisher

Microsoft Publisher merupakan salah satu software dari  Program Microsoft Office XP atau vista yang merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mendesain baik itu banner, kalender, bussines card, postcard, halaman web, dan sebagainya. Khususnya untuk desain web, Microsoft publisher merupakan salah satu aplikasi desain web yang sangat mudah digunakan. dilengkapi pula dengan template yang berkualitas, sehingga dapat lebih membantu kita dalam membuat halaman web. Berikut adalah keunggulan dari Microsoft publisher:
o   Sangat mudah digunakan dan sangat membantu dalam membuat website dalam waktu singkat
  • Tidak memerlukan pengalaman dan  keahliah pemrogaman HTML dan program web lainnya.
  • Dapat membuat website terdiri dari beberapa pages (halaman) dan mudah mengaturnya sewaktu-waktu.
  • Dapat digunakan untuk membuat website dalam jumlah tidak terbatas.
  • Memiliki template yang dapat digunakan untuk membuat web secara instan
  • Dapat menggunakan CSS style sheet untuk mengatur tampilan website
  • Memiliki banyak fungsi : thumbnail, mouse-over effects, ready-to-use java script effects, text link style sheet, tables, forms, iFrames dan lain-lain
  • Website yang kita buat dapat diupload sewaktu-waktu dengan fungsi Publisher 
  • Website yang dibuat kompatibel pada berbagai web browser.
Langkah-langkah menggunakan microsoft publisher adalah sebagai berikut :
1. Membuka program microsoft Publisher dengan cara klik start – all program – microsoft office – microsoft publisher 2007.
2. Kemudian akan muncul tampilan microsoft publisher sebagai berikut

Klik website untuk membuat web, dan akan muncul tampilan sebagai berikut :



 

Kemudian pilih template yang sudah tersedia, untuk menyesuaikan warna, font, dan navigasi bar terdapat pilihan di kanan lembar kerja. Setelah memilih template lalu klik create.
4. Kemudian akan terbuka lembar kerja publisher seperti di bawah ini :

Untuk mengubah web menjadi seperti yang diinginkan gunakan format publication yang terdiri dari page option, color schames, font schames, dan web Site Options.
Dalam page options terdapat menu untuk mengubah background, memilih layout, memilih warna background sesuai yang diinginkan. Color schames berisi banyak pilihan warna untuk tampilan web yang dibuat. Berikut adalah pilihan menu color schames :

Sedangkan font schames berisi pilihan huruf yang dapat digunakan untuk mempdifikasi web, dan Web Sites Option berisi beberapa submenu, yaitu Insert a page untuk menambahkan halaman baru atau untuk menambahkan halaman baru dilakukan dengan klik kanan pada nomor halaman yang terletak di paling bawah lalu klik insert page seperti tampilan di bawah ini :

Add functionality untuk menambah fungsi baru di web seperti misalnya Display a Calender or schedule, dan sebagainya, berikut adalah tampilannya :

Submenu lainnya yaitu preview your website, untuk melihat keseluruhan website, dalam menu ini pilihan template serta page size yang diinginkan.
5. Untuk menambahkan video, klik insert kemudian klik object, maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini :
Kemudian pilih create from file, kemudian klik browse dan masukkan file yang diinginkan . Untuk menambahkan gambar klik insert kemudian pilih picture.
6. Setelah selesai dimodifikasi, Untuk mempublish web caranya klik file kemudian publish to the web, kemudian simpan dengan nama yang diinginkan, sehingga akan muncul menjadi tampilan web seperti di bawah ini :
Kesimpulan
Microsoft Publisher merupakan aplikasi dari Microsoft office yang dapat digunakan untuk membuat web, banner, brosur, greeting card, dan sebagainya. Microsoft publisher tergolong mudah dalam penggunaannya. Kita dapat memasukkan video maupun gambar-gambar yang diinginkan ke dalam Microsoft publisher, dan yang paling penting dapat di publish dalam bentuk web 
Diposting oleh : Alifya Arinal Haq (L2D008089)

1 komentar:

  1. gimana caranya agar tampilan web yang didesan dg publishe itu bisa penuh. Kan kalo di privew, yang penuh satu halaman. Cenderung mengisi halaman sebelah kiri. Seperti gambar terakhir dalam postingan di atas.

    BalasHapus