Selasa, 19 Oktober 2010

MEMBUAT VIDEO MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER

Teknologi komputer telah berkembang dengan cepat dan berpengaruh di segala bidang, termasuk video dan audio editing. Kalau sekarang kita sudah bisa membuat presentasi dengan menggunakan program Microsoft Powerpoint atau Macromedia Flash hal itu sudah biasa-biasa saja. Tuntutan untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensi merupakan tuntutan wajib. Sekarang kita harus bisa membuat hasil karya misalnya membuat profil berformat Video. Dahulu, banyak orang perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk sekedar bisa mengedit atau memanipulasi video dengan berbagai peralatan video editing. Sekarang pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah dengan memanfaatkan PC dan Software yang tepat dan memadai. Software video editing yang sering digunakan adalah Windows Movie Maker.
Program ini dibuat oleh Microsoft artinya jika kita menginstall sistem operasi Windows XP maupun Windows Vista dengan setting default, maka pada komputer kita secara otomatis akan terinstall pula aplikasi video editing ini. Windows Movie Maker memiliki banyak fasilitas dan fitur seperti fasilitas capture yang mudah dan praktis baik secara digital ataupun analog. Kita juga dapat memberikan efek visual dan transisi sesuai keinginan. Selain itu kita juga dapat menambahkan title dan credit baik di awal, di akhir bahkan di tengah-tengah video. Program aplikasi ini layak diperhitungkan sebab interfacenya sangat bersahabat. Kita diberikan kemudahan untuk dapat menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada secara optimal, meskipun kita bukan seorang profesional di bidang video editing. Panduan Windows Movie Maker ini merupakan salah satu media untuk memberikan dasar-dasar pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Windows Movie Maker atau di singkat WMM adalah sebuah program editing video yang sangat sederhana , didesain untuk pemilik PC dengan sedikit pengalaman untuk membuat video rumahan . Windows Movie Maker mendukung hampir semua format video , movie , media , MP3 dan lain-lain .
Beberapa keistimewaan WMM :
-       Mengimpor video klip dari video kamera digital
-       Menyimpan seluruh koleksi video rumah di computer PC
-       Mengatur klip-klip sesuai dengan urutan yang kita inginkan
-       Menggunakan efek Fade atau Dissolve
-       Member judul , music latarbelakang, efek suara, dan narasi suara ke dalam klip video kita .
Berikut ini cara menggunakan Windows Movie Maker , antara lain :
1.    Pada desktop computer kamu ,
-        klik START
-       klik PROGRAMS , lalu pilih ACCESSORIES , dan terkhir adalah pilih WINDOWS MOVIE MAKER . Maka kamu akan masuk ke aplikasi tersebut . kemudian , ikuti langkah berikut .
2.    Jika aplikasi sudah mendukung , klik FILE dan klik NEW PROJECT (ctrl+N) , untuk memulai aplikasi tersbut .
3.    Kemudian klik IMPORT PICTURE untuk mengambil gambar di folder yang akan kita edit di Windows Movie Maker .
4.     Sesudah itu , maka muncullah kotak dialog . pilih gambar yang akan di edit lalu klik OPEN . maka muncullah gambar tersebut di Windows movie maker . kemudian drag picture ke table bawah.
Dalam Windows Movie Maker, Anda merekam atau mengimpor dari media lain dan Anda dapat mengeditnya secara langsung sebelum hasil rekaman tersebut disimpan . Proses editing ini di lakukan dalam tampilan STORYBOARD atau TIMELINE .
5.    Sesudah itu ,  bisa menambahkan Video Transitions dalam movie Anda , dengan cara klik COLLECTIONS , lalu klik VIDEO TRANSITIONS . Maka akan muncul kotak dialog yang berisi macam – macam video transitions dalam berbagai bentuk .
6.    Pilih salah satu bentuk , misalnya transitions BARS atau CHECKERBOARD ACROSS.
7.     Kemudian dalam bentuk transitions checkerboard across , klik kanan lalu copy ke tampilan Storyboard dan akan sendirinya bentuk itu terpaste ke tampilan tersebut .
8.    Langkah selanjutnya adalah kita memberi judul pada video yang kita buat. Silahkan klik make titles or credits pada Edit Movie. Pilih salah satu pilihan untuk memberi judul.
  • Klik di title at the beginning, jika kita ingin memberi judul di awal movie.
  • Klik di title before the selected clip, jika kita ingin menempatkan judul tulisan sebelum area yang diiinginkan.
  • Klik di title on the selected clip, artinya kita akan menempatkan judul tulisan pada area yang diinginkan.
  • Klik di title after the selected clip, jika kita ingin menempatkan judul tulisan setelah area yang diinginkan.
  • Klik di credits at the end, jika kita ingin membuat kredit di akhir movie.
Untuk mengedit tulisan terdapat pilihan klik change to title animation untuk memberi animasi pada judul atau klik change the text font and color untuk merubah model huruf, warna huruf dan tampilan, dan lain-lain. Jika sudah selesai, klik done,  add title to movie.

9.    Setelah itu , movie telah selesai . apabila Anda ingin menyimpannya , maka langkah-lagkahnya adalah sebagai berikut :
• Klik FILE
• Klik SAVE MOVIE FILE , maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini .
• Dan terakhir , klik NEXT dan maka movie yang Anda buat akan tersimpan secara otomatis .
10.  Dan terakhir , sesudah Anda menyimpan movie yang Anda buat , secara otomatis akan muncul WINDOWS MEDIA PLAYER , dan akan menampilkan movie yang telah Anda buat .

                                                                                                                         diposting oleh : erga pradika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar