Senin, 18 Oktober 2010

MEMBUAT WEBSITE DENGAN MICROSOFT OFFICE PUBLISHER 2007 (ANGGI ARIMURTHY_L2D008008)

Microsoft Office Publiser adalah salah satu aplikasi yang disediakan oleh Microsoft Office yang berfungsi untuk membuat dan mengedit koran, brosur, flyer, dan website. Selain Microsoft Office Publisher, sebenarnya masih banyak aplikasi perancang web yang professional, seperti Macromedia Dreamwaver MX, atau dari MS Office 2003 ada MS FrontPage. Microsoft Office Publisher merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi dalam tujuan percetakan yang bersifat praktis. Didalam Microsoft Office Publisher sudah terdapat banyak template yang memudahkan kita dalam membuat media komunikasi maupun iklan dalam konteks percetakan. Microsoft Publisher adalah sebuah aplikasi berorientasi pada desain halaman web dan merupakan salah satu aplikasi desain web yang sangat mudah untuk digunakan (user friendly). Kita dapat dengan mudah mendesain berbagai bentuk halaman web dalam waktu singkat, walaupun belum mempunyai pengalaman atau kemampuan dalam bahasa HTML (Hypertext Mark Up Language) yang biasa digunakan dalam pembuatan Web.


Hanya dengan melakukan “drag and drop” images (gambar), musik, dan video pada layout yang telah disediakan. Selama proses pembuatan, kita dapat memindahkan objek dengan mouse secara mudah. Microsoft Publisher dilengkapi pula dengan template yang berkualitas, sehingga dapat lebih membantu kita dalam membuat halaman web. Fitur-fitur yang terdapat dalam Microsoft Publisher adalah thumbnail, mouse-over effects, ready-to-use java script effects, text link style sheet, tables, forms, iframes dan lain-lain. Kita dapat membuat halaman web, dengan template atau desain yang kita inginkan dengan tampilan terlihat Professional.

Keunggulan utama dari Microsoft Publisher adalah sangat mudah digunakan dan membantu kita membuat website dalam waktu singkat. Beberapa keunggulan lainnya yang terdapat pada Microsoft Publisher adalah :

Ø Tidak memerlukan pengalaman dan keahliah pemrogaman HTML dan program web lainnya.
Ø Drag and drop the objek dengan tampilan layout dan desain berbasis WYSIWYG (What You See Is What You Get).
Ø Dapat membuat website terdiri dari beberapa pages (halaman) dan mudah mengaturnya sewaktu-waktu.
Ø Dapat digunakan untuk membuat website dalam jumlah tidak terbatas.
Ø Memiliki template yang dapat digunakan untuk membuat web secara instan
Ø Dapat menggunakan CSS style sheet untuk mengatur tampilan website
Ø Memiliki banyak fungsi : thumbnail, mouse-over effects, ready-to-use java script effects, text link style sheet, tables, forms, iFrames dan lain-lain
Ø Website yang kita buat dapat diupload sewaktu-waktu dengan fungsi Publisher
Ø Website yang dibuat kompatibel pada berbagai web browser.
Salah satu elemen paling penting untul membuat publikasi atau percetakan pada publisher adalah halaman ( page ). halaman pada publisher tidak beda jauh dengan sebuah halaman pada dunia nyata. hanya sebuah halaman dengan tulisan dan gambar. ketika halaman tersebut dicetak, akan menjadi satu kesatuan yang utuh dalam satu halaman.
Setiap halaman sendiri – sendiri atau sebagai bagian dari banyak halaman.Publisher membuat anda dengan mudah memindahkan antar halaman,melihat halaman dengan berbagai sudut pandang,dan pembesaran yang berbeda,serta menambah atau menghapus halaman – halaman untuk memenuhi bidang kerja anda.

Langkah-Langkah Membuat Website

1. Klik menu Start
2. Arahkan pointer mouse pada All Programs
3. Arahkan pointer mouse pada Microsoft Office - Klik Microsoft Publisher 2007






4. Akan terlihat tampilan awal sebagai berikut . Yang pertama kita buat New Publications terlebih dahulu , trus klik di bagian Web Sites





5. Akan terlihat berbagai contoh template yang sudah disediakan oleh Microsoft Office Publisher 2007. Pilih salah satu, missal Crossed Lines kemudian diklik pada template yang diinginkan






6.Pada Web ini, rencananya akan terdapat 4 halaman terkait isu lingkungan dimana lingkungan dikorbankan demi kepentingan pembangunan, dimana halaman tersebut antara lain:

Level Utama ( Index / Home ) – Halaman 1
Level Pendukung Utama (Data) - Halaman 2
Level Kedua ( Gambaran ) - Halaman 3
Level Ketiga ( Upaya ) – Halaman 4
Untuk menambah halaman, kita bisa klik kanan pada nomer yang terdapat di bagian bawah, kemudian pilih insert duplicate page.
7.Untuk menambahkan gambar yang terdapat di webpage, kita bisa memilih menu Insert-Picture-From File terus browse file gambar yang akan dimasukkan klik Insert.






8.Langkah terakhir adalah menyimpan hasil webpage sesuai dengan bentuk file yang diinginkan (Publisher Files atau . Klik Save kemudian pilih bentuk file, kemudian klik Save.
9.Untuk menambahkan video yang dibuat sebelumnya, kita bisa memilih menu Insert-Object-Create From File-Browse File Video-Klik OK

   Untuk melihat tampilan webpage kita di browser, kita bisa memilih menu File-WebPage Preview atau klik icon Web Page Preview di toolbar.






5 komentar:

  1. kalo untuk meng onlinekanya gimana ya???
    kasih tau dong.........

    BalasHapus
  2. Sdr. yudhiztira kalau untuk mengonlinekannya anda harus mempunyai hosting mas...

    buat yang punya blog :
    bos mau nanya..., tau cara ngilangin script kursor pada blog???

    nih blog saya : http://www.komputer-setiya.blogspot.com/

    saya Adi dari Polines (tembalang).

    Mohon dibalas... Thanks.

    BalasHapus
  3. untuk dapat dilihat oleh orang lain harus di upload dulu ke web hosting

    http://sharpeeyes.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-website-di-ms-publisher.html

    BalasHapus
  4. mas bro... gimana cara menampilken website yg dibuat dengan Ms. Publisher 2007 agar letak tampilannya persis berada di tengah2 layar monitor?

    soale default tampilannya "nempel" di sebelah kiri layar. jadi kurang sip liatnya sedangken sebelah kanan ada space kosong lebar sekali. kebetulan ane pake layar monitor yang lumayan lebar.

    thanks atas info-nya mas bro..

    BalasHapus
  5. Cara menghilangkan footer di bawah yang warna merah supaya bisa di masukan image bagaimana ya gan..? coba lihat JualBatuBata.Com

    BalasHapus