Senin, 18 Oktober 2010

Tugas Praktikum TI 2 - Membuat film dokumenter menggunakan Windows Movie Maker

Windows Movie Maker merupakan salah satu software dari Microsoft windows yang digunakan untuk membuat film, dengan konsep menggabungkan antara video-video, gambar-gambar, serta lagu yang diinginkan agar menjadi sebuah film yang baik. Windows movie maker tergolong mudah digunakan, software pengolah film yang lain antara lain ulead dan sebagainya, Cara menggunakan windows movie maker antara lain sebagai berikut :
1.       Membuka program windows movie maker dengan cara klik start – all program – windows movie maker
2.       Kemudian akan muncul tampilan program windows movie maker sebagai berikut :
Dalam Windows Movie Maker terdapat beberapa menu, antara lain yang yang ada dalam menu bar yaitu file, edit, view, tools, clip, play, dan help.
Sedangkan menu pokok untuk editing video atau membuat film yaitu dalam kotak movie task, berikut adalah fungsi-fungsi menu yang ada di dalam movie task :
  1. Langkah selanjutnya adalah memasukkan gambar, video, dan music yang akan digunakan dengan cara klik import video, import pictures, dan import audio or music
Untuk membuat film drag gambar atau video ke kotak storyboard, kemudian jika ingin menambahkan effect atau transisi klik make video effect dan make video transition kemudian masukkan ke dalam kotak storyboard, jika ingin menambah judul atau teks di tengah-tengah film atau pada akhir film klik make titles or credits. Lalu atur sehingga menjadi sebuah film yang baik.
  1. Untuk menyimpan film klik save to my computer dalam kotak finish movie, lalu film akan tersimpan dalam winamp media file, untuk menyimpan project dalam bentu movie maker klik file lalu save as project. Berikut adalah film dokumenter yang telah kami buat :
 

Diposting Oleh : Alifya Arinal Haq (L2D008089)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar